Targetberita.co.id Jakarta, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tetap membuka layanan pertanahan selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pelayanan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 25–26 Desember 2025 serta 1 Januari 2026.
Sekretaris Jenderal ATR/BPN, Dalu Agung Darmawan, menyampaikan bahwa kebijakan ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus keperluan pertanahan pada hari kerja.
Ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan datang langsung ke Kantor Pertanahan.
“Layanan selama libur Nataru juga diperuntukkan bagi masyarakat yang pada hari kerja tidak sempat mengurus keperluan pertanahan.
Jika ada masyarakat yang memerlukan informasi, atau penanganan lebih jauh dan harus didaftarkan, silakan datang ke Kantor Pertanahan,” ujar Dalu Agung Darmawan dalam keterangannya dikutip di Jakarta, Jumat (26/12/2025).
Menurut Dalu, layanan yang tetap dibuka saat libur Nataru mencakup tiga jenis pelayanan utama. Pertama, pemberian informasi terkait pengurusan administrasi pertanahan. Kedua, penerimaan pendaftaran layanan dalam kegiatan pemeliharaan data pertanahan. Ketiga, penyerahan produk layanan berupa sertipikat yang telah selesai diproses.
Kebijakan tersebut dinilai relevan, terutama di momen libur akhir tahun ketika banyak masyarakat berkumpul bersama keluarga dan memiliki waktu luang untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.
Salah satu warga yang memanfaatkan layanan tersebut adalah Budi Suryantoro (62).
Ia mendatangi Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan pada Kamis (25/12/2025) untuk mengambil sertipikat tanah hasil pemecahan bidang yang telah selesai diproses.
“Anak saya bilang, katanya dari sosial media Kementerian ATR/BPN, Kantor Pertanahan tetap buka, ya saya coba ke sini untuk lihat benar atau tidak itu. Ternyata benar, dan ini saya langsung dilayani,” ujar Budi Suryantoro.
Budi menjelaskan, proses pemecahan sertipikat tanah tersebut telah ia ajukan sejak pertengahan November 2025. Ia bersyukur dapat mengambil sertipikatnya di tengah masa libur bersama keluarga.
“Alhamdulillah (pelayanannya) lebih baik, lebih lancar, dulu pernah mengurus sempat ada kendala, tapi pas mengurus ini sekarang, sudah lebih baik. Harapan saya, tolong dipertahankan pelayanannya dengan baik,” tuturnya.
Di tengah suasana libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian ATR/BPN memastikan pelayanan pertanahan tetap dapat diakses masyarakat sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Masyarakat yang ingin berkonsultasi, mencari informasi, atau mengurus serta mengambil produk pertanahan masih memiliki kesempatan untuk memanfaatkan layanan khusus libur Nataru tersebut.
(Ricko)












