banner
BeritaKesehatan

Ciri-Ciri Diabetes Awal, Cermati Buah untuk Penderita Diabetes

50
×

Ciri-Ciri Diabetes Awal, Cermati Buah untuk Penderita Diabetes

Sebarkan artikel ini

Jakarta, TargetBerita.co.id,- Kenali ciri-ciri diabetes awal. Pahami pula buah untuk penderita diabetes agar kadar gula dalam darah tidak semakin tinggi. Mengenali ciri-ciri diabetes awal sangat penting untuk semua orang, baik tua maupun muda. Pasalnya, banyak anak muda yang sudah menderita diabetes.
Selain itu, penyakit gula darah tinggi atau diabetes yang parah sering kali berujung pada kematian. Oleh karena itu, sebelum menjadi level parah, kenali ciri-ciri diabetes awal agar lebih mudah disembuhkan. Gula darah tinggi atau diabetes bisa saja terjadi tanpa gejala. Faktanya, banyak penderita diabetes yang tak menyadari apa yang dialaminya sampai terjadi komplikasi serius. Memang sebagian besar orang yang mengalami diabetes juga memiliki gejala seperti sering buang air kecil dan haus berlebihan. Namun, gejala tersebut seringkali tak disadari. Padahal, peningkatan gula darah ringan dapat merusak saraf, ginjal, dan retina Anda. Dan semakin tinggi kadar gula darah, semakin buruk kerusakan yang bisa terjadi. Ahli endokrinologi Kevin Pantalone juga mengatakan banyak penderita diabetes yang baru terdiagnosis ketika mereka sudah mengalami masalah pada ginjal dan retina. “Itu tandanya diabetes yang mereka alami sudah ada sejak lama,” tambahnya.
Ciri-ciri diabetes awal Untuk antisipasi, berikut gejala atau ciri-ciri diabetes tahap awal yang seringkali tak disadari:

  1. Sering mengalami infeksi saluran kemih atau jamur Ciri-ciri diabetes awal yang pertama adalah sering infeksi saluran kemih. Ketika gula darah tinggi dan ginjal tidak dapat menyaringnya dengan cukup baik, gula akan berakhir di urin. Penumpukan gula di lingkungan yang hangat dan lembab dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan jamur, terutama pada wanita.
  2. Berat badan turun drastis Ciri-ciri diabetes awal yang kedua adalah berat badan turun drastis. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) secara efektif untuk energi. Sebaliknya, tubuh Anda akan mulai membakar simpanan lemak, dan Anda mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga.
  3. Penglihatan bermasalah Ciri-ciri diabetes awal yang ketiga adalah gangguan penglihatan. Kadar gula yang tinggi dapat mendistorsi lensa di mata Anda, memperburuk penglihatan Anda. Penambahan minus pada mata terkadang bisa jadi tanda diabetes.
  4. Perubahan warna kulit Ciri-ciri diabetes awal yang keempat adalah perubahan warna kulit. Salah satu tanda awal diabetes adalah perubahan warna kulit di bagian belakang leher. Kondisi ini disebut dengan acanthosis nigricans, dimana warna kulit area leher berubah menjadi gelap. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya resistensi, yaitu kondisi saat insulin kehilangan sensitivitas sehingga kemampuan mengatur glukosa berkurang.
  5. Sering buang air kecil Ciri-ciri diabetes awal yang kelima adalah sering buang air kecil. Harus pergi ke kamar mandi lebih dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda bahwa gula darah Anda mungkin rusak. Pantalone mengatakan salah satu pasiennya datang untuk diagnosis setelah seorang anggota keluarga memperhatikan bahwa dia sering ke kamar mandi setiap jeda iklan ketika mereka menonton TV.

Buah untuk penderita diabetes Penderita diabetes wajib memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, sejumlah bahan makanan tinggi gula sehingga bisa memperparah diabetes. Termasuk juga buah, ada beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes. Ada juga buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Berikut buah untuk penderita diabetes:

  1. Alpukat Buah untuk penderita diabetes yang pertama adalah alpukat. Dikutip dari Health, alpukat merupakan buah yang hampir bebas gula dan sangat bergizi. Satu buah alpukat utuh mengandung kurang dari setengah gram (0,5) gram gula, 9 gram serat, dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi alpukat setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kontrol gula darah, faktor risiko kardiometabolik, dan kualitas diet secara keseluruhan pada orang dewasa dengan obesitas dan resistensi insulin.
  2. Lemon dan jeruk nipis Buah untuk penderita diabetes yang kedua adalah lemon dan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung 1,1 gram gula, 7 gram karbohidrat, dan 1,9 gram serat per buah. Sementara lemon mengandung 1,5 gram gula, 5,4 gram karbohidrat, dan 1,6 gram serat per buah. Coba tambahkan irisan ke air atau perasan jus untuk menambah rasa getir pada hidangan.
  3. Aprikot Buah untuk penderita diabetes yang ketiga adalah aprikot. Aprikot mengandung 3,2 gram gula, 3,8 gram karbohidrat, dan 0,7 gram serat per buah aprikot berukuran kecil. Anda dapat menikmatinya utuh, kulit, dan semua bagiannya.
  4. Cranberry Buah untuk penderita diabetes yang keempat adalah cranberry. Cranberry mengandung 3,8 gram gula, 12 gram karbohidrat, dan 3,6 gram serat per cangkir. Buah ini juga merupakan sumber yang kaya senyawa tumbuhan bermanfaat dengan sifat antioksidan, zat yang mampu membatasi kerusakan akibat radikal bebas.
  5. Jambu biji Buah untuk penderita diabetes yang kelima adalah jambu biji. Dikutip dari Very Well Fit, jambu biji mengandung 4,9 gram gula, 7,9 gram karbohidrat, dan 3 gram serat per buah. Anda bisa mengiris dan memakan jambu biji, termasuk kulitnya. Jambu biji adalah pengecualian buah rendah gula bagi buah-buahan tropis yang umumnya manis.
  6. Kiwi Buah untuk penderita diabetes yang keenam adalah kiwi. Kiwi mengandung 6,2 gram gula, 10,1 gram karbohidrat, dan 2,1 gram serat per buah. Buah ini juga memiliki rasa yang ringan tetapi menambah warna yang indah pada salad buah. Anda juga bisa memakan biji dan kulitnya.
  7. Plum Buah untuk penderita diabetes yang ketujuh adalah plum. Plum mengandung kurang dari 7 gram gula, 1 gram serat, dan 30 kalori. Saat membeli plum, pilih yang montok, dan berwarna tua. Anda bisa menyantapnya seperti apel.
  8. Jeruk keprok Buah untuk penderita diabetes yang kedelapan adalah jeruk keprok. Jeruk keprok memiliki 8 gram gula, 10,1 gram karbohidrat, dan 1,3 gram serat per buah berukuran sedang. Buah jeruk ini memiliki lebih sedikit gula daripada jeruk dan mudah dibelah untuk salad buah.

Jeruk keprok juga cocok dijadikan tambahan yang bagus untuk makan siang dan makanan ringan kemasan.

Itulah ciri-ciri diabetes awal dan daftar buah untuk penderita diabetes. Jika mengalami ciri-ciri diabetes tahap awal tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *