banner
BeritaDaerahEkonomi

IKN Dinilai Potensial Kembangkan Pariwisata, Pemkab Kubar Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas SDM

56
×

IKN Dinilai Potensial Kembangkan Pariwisata, Pemkab Kubar Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas SDM

Sebarkan artikel ini

Kaltim, TargetBerita.co.id,- Pemkab Kubar menilai kehadiran IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki potensi yang sangat besar terhadap pengembangan sektor industri pariwisata yang ada saat ini.

Sektor pariwisata yang dimiliki Kutai Barat dinilai mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab pariwisata di Kubar sangat  menarik untuk dikunjungi terutama wisata alam seperti Jantur (air terjun), danau, situs budaya, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak lagi wisata potensial lainnya.

Bahkan Pemkab Kubar melalui Dinas Pariwisata telah menggandeng sejumlah pihak swasta dalam hal pengembangan sektor pariwisata yang ada, termasuk diantaranya menggandeng pihak travel.

Kepada Dinas Pariwisata Kutai Barat, Yuyun Diah Setyorini mengatakan selain menggencarkan promosi pariwisata, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimulai dari SDM pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diberikan pembekalan ilmu dan strategi pengembangan industri pariwisata.

“Diharapkan dengan pelatihan tersebut, pelaku usaha dapat terbuka pemikiran dan wawasan mengembangkan usahanya,” ujar Yuyun Diah Setyorini, Minggu (22/10).

Yuyun juga menilai Kabupaten Kubar sebagai salah satu mitra IKN sehingga para pelaku usaha harus bersiap dan menerima kehadiran IKN dengan menekuni usaha-usaha yang telah dilakukan sekarang ini.

“Jangan sampai kita tidak memanfaatkannya dan hanya jadi penonton di daerah sendiri,” tambahnya.

Selain itu, dia juga mengajak seluruh warga Kubar khususnya para pelaku UMKM untuk selalu  berbenah dalam strategi pengembangan usaha dengan memanfaatkan media-media yang ada.

“Mari bersama-sama bergerak aktif dan semangat mengikuti perkembangan jaman sehingga pariwisata itu,/ bukan hanya terfokus ke objek wisata. Tetapi di dalamnya ada satu kesatuan meliputi industri pariwisata, hotel, penginapan, travel, seni dan budaya,”ucapnya. (M. Sidiq / Edy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *