banner
BeritaNasional

Kartun The Simpsons Tulis Peta Kalimantan sebagai Singapura, Prediksi IKN

78
×

Kartun The Simpsons Tulis Peta Kalimantan sebagai Singapura, Prediksi IKN

Sebarkan artikel ini

TargetBerita.co.id,- Pemerintah Indonesia sedang membangun Ibu Kota Negara (IKN) yang baru dan berkelas dunia.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur terus dikebut.

Terbaru, banyak kalangan menilai serial The Simpsons memprediksi IKN Nusantara akan sekelas Singapura.

Pasalnya, dalam salah satu episodenya, The Simpsons menulis Pulau Kalimantan sebagai Singapura.

Serial animasi sitkom The Simpsons yang populer dari Amerika kembali menarik perhatian warganet Indonesia setelah salah satu episodenya menampilkan peta Indonesia.

Dalam episode ke-16 season 6 berjudul “Barts Calls Australia”, terlihat salah satu karakternya, Bart, ingin menghubungi seseorang yang berada di Australia.

Sebelum menelepon, Bart terlebih dahulu mencari posisi peta Australia dari globe.

Posisi Australia sendiri berada di bagian Selatan Indonesia secara letak geografis.

Yang membuat banyak orang kaget, dalam episode tersebut, peta pulau Kalimantan yang digambarkan setengah menyatu dengan Sulawesi justru tertulis Singapura, bukan Indonesia.

Hal ini lantas membuat banyak orang segera mengaitkan dengan berbagai peristiwa terkait.

Anggapan The Simpsons sudah memprediksi Ibu Kota Nusantara lalu muncul setelah Presiden Joko Widodo hadir dan berpidato dalam acara Ecosperity 2023 di Singapura pada 7 Juni 2023.

Dalam pidatonya, Jokowi turut menyebut IKN akan menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni dan berbisnis, termasuk warga Singapura yang berminat untuk berinvestasi.

“Namun, secara serius, teman kami di Singapura tentunya mengetahui kami dengan baik bahwa siapa pun yang akan memimpin Indonesia akan membuat Negara yang besar ini menjadi powerhouse dan raksasa Asia.

Jadi, semua akan baik-baik saja, kalian tidak perlu khawatir.

Investasi kalian di Indonesia akan terus aman dan juga keberlanjutan pembangunan IKN, kota pintar kelas dunia yang dikelilingi alam, kota hijau dengan 65 persen hutan, kota karbon netral pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan kelas dunia.

Nusantara akan jadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis Saya juga tahu harga rumah tahun ini telah naik sangat tinggi.

Mungkin tinggal di nusantara bisa jadi pilihan,” ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya.

Sebagian ucapan Presiden Jokowi dalam pidatonya di Ecosperity 2023 lantas membuat banyak orang mengaitkannya dengan salah satu episode The Simpsons.

Diketahui, di pulau Kalimantan tengah di bangun mega proyek ibu kota baru Indonesia, yakni Ibu Kota Nusantara atau IKN.

IKN tepatnya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Pembangunan IKN yang tengah berlangsung diproyeksikan akan menjadi Ibu Kota Indonesia dan pusat pemerintahan dalam beberapa tahun ke depan.

Namun, banyak juga yang menganggap salah satu episode The Simpsons tersebut hanyalah kebetulan.

Diketahui, The Simpsons memang sering menjadi pembicaraan banyak orang di berbagai negara lantaran banyak adegan dalam tiap episodenya yang menjadi kenyataan.

Hal ini pula yang membuat The Simpsons menjadi fenomenal karena kerap memprediksi masa depan.

Ada pun, beberapa episode The Simpsons yang benar menjadi kenyataan adalah serangan 11 September 2001, Donald Trump mencalonkan diri sebagai Presiden AS, virus Ebola, sampai invasi Rusia ke Ukraina.

Meski banyak prediksinya yang menjadi kenyataan, tim produksi The Simpsons pernah menyebutkan bahwa itu semua adalah keberuntungan.

Penulis dan animator The Simpsons, Al Jean meyakini, prediksi yang muncul di kartun buatannya adalah berkat keberuntungan dan jumlah episode yang diproduksi.

“Jika Anda menulis 700 episode, dan Anda tidak memprediksi apa pun, maka Anda sangat buruk.

Jika Anda melempar cukup banyak anak panah, Anda akan mendapatkan beberapa sasaran,” kata Jean kepada NME, pada 16 November 2022.

Penulis The Simpsons lainnya, Bill Oakley, mengaku prediksi demi prediksi yang menjadi kenyataan sebenarnya mereka hanya bercermin pada peristiwa dan fenomena di masa lalu.

“Saya akan mengatakan secara umum ketika orang mengatakan The Simpsons telah meramalkan sesuatu, itu hanya karena kami menyindir peristiwa kehidupan nyata dari tahun-tahun sebelumnya dan karena sejarah terus mengulanginya.

Tampaknya seperti kami sedang meramalkan sesuatu.” kata Bill Oakley kepada Reuters.

10 Investor Gelombang ke II

Jumlah investor yang akan memulai pembangunan di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur, terus bertambah.

Terbaru, akan ada 10 investor lagi yang akan groundbreaking di IKN.

Ini merupakan grounbreaking gelombang kedua di IKN.

Rencananya, peletakan batu pertama investasi 10 investor ini berlangsung 1 November.

Presiden Jokowi dijadwalkan kembali hadir di IKN.

“Sekitar 10 perusahaan, tanggal 1 November itu groundbreaking,” jelas Tenaga Ahli Komunikasi Otorita IKN Troy Pantouw di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Dia menambahkan, perusahaan yang akan melaksanakan peletakan batu pertama tersebut bergerak di bidang kesehatan, pendidikan, leisure, keuangan, dan lain-lain.

Kendati demikian, Troy enggan membeberkan perusahaan mana saja yang dimaksud beserta investasi yang dibenamkan oleh mereka di IKN.

“Nanti lah kita umumin, pasti.

Tanggal 1 (November) pas kita groundbreaking,” ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking atas pembangunan hotel pertama di IKN bertajuk Hotel Nusantara, 21 September 2023 silam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG), selaku investor Hotel Nusantara, yang terdiri dari 10 taipan besar yang kerap disebut naga.

Meliputi, ASG milik Sugianto Kusuma (Aguan), Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto, Djarum milik Budi Hartono.

Kemudian Wings Group milik William Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, dan Astra milik Soeryadjaya.

Selain itu, ada satu konglomerat lainnya yang hadir yaitu Kawan Lama Group.

Menurut Jokowi, para konglomerat yang hadir tersebut merupakan orang dengan tingkat kesibukan tinggi.

Namun, mereka berkenan hadir menyaksikan langsung pembangunan hotel di IKN.

Untuk itu, kepala negara tersebut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Aguan dan kawan-kawan dalam groundbreaking Hotel Nusantara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Aguan dan kawan-kawan yang hadir pada sore hari ini.

Ini memberikan rasa percaya diri kepada Nusantara (IKN), bahwa ini sangat diminati oleh investor,” tukas Jokowi. (Daniel / Red)

Sumber : https://kaltim.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *