banner
BeritaMetropolitanNewsPolitik

Kesepakatan KPU dan paslon Capres dan Cawapres terkait tema debat Capres dan Cawapres

41
×

Kesepakatan KPU dan paslon Capres dan Cawapres terkait tema debat Capres dan Cawapres

Sebarkan artikel ini

Target Berita.co.id Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) besama ketiga tim pasangan calon (paslon) menyepakati format dan tema debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilu 2024 yang berlangsung di Kantor KPU, Rabu (6/12/2023).

Dalam kesepakatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU August Mellaz, Yulianto Sudrajat dan Mochammad Afifuddin.

Hasyim menjelaskan kesepakatan terkait format debat, yakni pertama untuk debat capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres dan debat kelima atau yang terakhir untuk debat capres. Adapun untuk topik atau tema debat, pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. Debat kedua bertema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.

Adapun debat ketiga bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik, sementara debat keempat bertema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Dan debat kelima atau terakhir bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan juga Inklusi. “Itu yang menjadi tema untuk debat pertama sampai debat kelima dan juga porsi untuk siapa yang akan tampil dalam perdebatan itu,” ungkap Hasyim.

Menurut Hasyim, KPU juga telah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat. Namun KPU juga memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU hingga Jumat, 8 Desember 2023.

Terkait dengannmoderator KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator. Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu. Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan, tutur Hasyim.

Selain itu Hasyim juga menyampaikan KPU bersama tim paslon telah menyepakati penentuan jumlah undangan yang berhak hadir langsung pada kegiatan debat kandidat. Disepakati jumlah pendukung masing-masing paslon maksimal adalah 50 orang. “Jadi KPU akan menyiapkan undangan kepada tim pasangan calon 1, 2, dan 3, 50 orang. Nah tentang siapa-siapa nya kami serahkan kepada masing-masing pasangan calon tentang siapa yang akan diundang atau diberikan undangan tersebut,” ucap Hasyim.

Menutup penyampaian, Hasyim mengumumkan debat pertama, 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di Kantor KPU dan debat berlangsung selama 120 menit. “Tentang siapa saja komposisi tim media televisi yang akan menyiarkan, nanti akan kami informasikan lebih lanjut karena masih pembahasan antara tim KPU dengan tim media televisi,” tutup Hasyim.

(Ricko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *