banner
BeritaKesehatan

Selain Menurunkan Demam, Berikut 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

39
×

Selain Menurunkan Demam, Berikut 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

Sebarkan artikel ini

Jakarta, TargetBerita.co.id,- Ada berbagai manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa menurunkan demam karena kandungan mineral dan elektrolitnya, antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya juga punya banyak khasiat lain.

Air kelapa juga mengandung gula dalam jumlah sedikit, karbohidrat, juga protein dan lemak. Dalam 100 gram air kelapa, setidaknya ada kandungan gizi berikut ini:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg
  • Antioksidan

Jika dilihat dari daftar tersebut, kandungan kalium air kelapa sangat tinggi. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan 4 buah pisang. Oleh karenanya, simak beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh berikut yang sayang dilewatkan.

1. Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang

Kamu bisa mendapatkan minuman isotonik alami dari air kelapa, lho. Minuman ini cocok diminum setelah olahraga karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kandungan elektrolitnya akan membantu mengembalikan hidrasi tubuh.

Tapi tentunya manfaat ini akan didaptkan setelah mengonsumsi banyak air kelapa. Dibandingkan dengan minuman setelah olahraga lainnya, minum air kelapa memiliki risiko rasa mual, kenyang, dan sakit perut yang lebih sedikit.

2. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Sudah tau belum kalau minum air kelapa bisa untuk menjaga kesehatan jantung? Yap, air alami ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh tersebut didapatkan berkat kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa. Natrium akan menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Minum air kelapa bisa mengobati berbagai masalah pencernaan, misalnya diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Saat diare, air kelapa akan menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal sehingga tidak terjadi dehidrasi.

Osmolaritas atau pengukuran zat larut air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak di dalamnya.

Selain itu manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh khususnya penceranaan juga karena natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Berkatnya, air kelapa bisa mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

4. Mencegah Batu Ginjal

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, minum air kelapa bagus untuk ginjal. Penelitian Prophylactic Effect of Coconut Water pada tikus menungkapkan air kelapa bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

Nah, krital tersebut terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine atau biasa dikenal dengan batu ginjal. Kandungan air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

5. Mendukung Fungsi Organ Tubuh

Berikutnya, air kelapa juga bisa untuk mendukung kelangsungan kerja organ dalam tubuh. Air ini adalah sumber utama dari arginin, yang merupakan asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat olahraga.

Tidak cuma itu saja, asam amino juga membantu pembentukan protein yang akan bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ tubuh. Kandungan enzim berupa asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, dan RNA-polimerase pada air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

6. Memperlambat Penuaan

Siapa sih yang suka kalau wajah terlihat lebih tua? Sekalipun hal itu akan datang seiring bertambahnya usia, kita pasti ingin selalu tampak awet muda. Nah, manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh juga termasuk kesehatan kulit dalam ranah kecantikan.

Air kelapa bisa membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda karena kandungan sitokininnya yang bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Sitokinin punya efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah) sehingga bisa mencegah penuaan.

Selain itu, sitokinin juga akan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit terkait dengan usia. Kamu kaget ngaak setelah tau banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh? (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *