logo tb
BeritaJakartaMetropolitanNasionalNewsTerkiniTNI / POLRI

PT Jasaraharja Putera, Komitmen Perlindungan dalam Insiden KMP Tunu Pratama Jaya di Selat Bali

64
×

PT Jasaraharja Putera, Komitmen Perlindungan dalam Insiden KMP Tunu Pratama Jaya di Selat Bali

Sebarkan artikel ini

Targetberita.co.id Jakarta, PT Jasaraharja Putera menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya di Selat Bali pada Rabu malam (2/7/2025).

Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali tersebut dikabarkan mengalami insiden kebocoran di ruang mesin hingga menyebabkan kapal terbalik dan hanyut ke arah selatan sekitar pukul 23.16 WIB.

Berdasarkan informasi sementara, kapal membawa total 65 orang yang terdiri atas 53 penumpang dan 12 kru kapal serta 22 unit kendaraan.

Informasi terbaru hingga Kamis (3/7/2025), tercatat 31 orang berhasil diselamatkan, 6 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam proses pencarian oleh tim gabungan Basarnas, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

Seluruh penumpang kapal yang menjadi korban dalam musibah ini terlindungi oleh asuransi dari PT Jasa Raharja dan PT Jasaraharja Putera. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, PT Jasa Raharja akan memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal dunia dan menanggung biaya perawatan bagi korban luka-luka.

Sementara itu, PT Jasaraharja Putera juga akan memberikan perlindungan asuransi tambahan sesuai dengan polis yang dikerjasamakan, santunan yang diberikan sebesar Rp. 75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah) dan santunan lainnya didapatkan juga oleh korban luka-luka yang mendapatkan perawatan medis, termasuk biaya pertolongan pertama dan ambulans.

Selain memberikan perlindungan terhadap penumpang, PT Jasaraharja Putera juga menjamin kerugian terhadap kendaraan dan barang angkutan yang tercatat berada dalam kapal naas tersebut.

Proses klaim akan dilakukan secara cepat, transparan, dan terkoordinasi melalui posko layanan yang telah disiapkan di Pelabuhan Ketapang oleh Branch Office Surabaya PT Jasaraharja Putera dan di Pelabuhan Gilimanuk oleh Branch Office Denpasar PT Jasaraharja Putera, guna memberikan kemudahan bagi keluarga korban maupun pemilik barang.

Direktur Utama PT Jasaraharja Putera, Abdul Haris didampingi oleh I Made Balik Yudhana Group Head Claim Service PT Jasaraharja Putera, menyatakan, “Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi. PT Jasaraharja Putera berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh korban dan ahli warisnya. Dalam kondisi darurat seperti ini, kami hadir untuk memastikan proses santunan dan penggantian kerugian berjalan cepat, transparan, dan sesuai dengan hak yang seharusnya diterima. Kami juga terus melakukan koordinasi aktif dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan penanganan korban berjalan dengan sebaik-baiknya ”.

PT Jasaraharja Putera terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mendukung proses evakuasi serta penanganan hak-hak korban sesuai prosedur.

Komitmen perusahaan adalah untuk senantiasa hadir memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik dalam kondisi darurat, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara.

(Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *