banner
BeritaDaerah

Dahsyat, Ratusan Orang Berpakaian Baduy Gelar Upacara “Agustusan” di Kumham Banten

46
×

Dahsyat, Ratusan Orang Berpakaian Baduy Gelar Upacara “Agustusan” di Kumham Banten

Sebarkan artikel ini

Banten, TargetBerita.co.id,- Ratusan orang berpakaian adat Baduy melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Kamis (17/08) pagi ini. Kok bisa?

Rupanya, mereka adalah pegawai Kanwil Kemenkumham Banten. Ya, dalam Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, seluruh pegawai kompak untuk mengenakan pakaian adat Baduy.

Suku Baduy atau disebut juga sebagai Sunda Baduy, merupakan sekelompok masyarakat adat yang tinggal di wilayah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, tepatnya di Desa Kanekes.

Dimulai dari jajaran Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas yang hadir mengikuti Upacara dengan Pakaian Adat Suku Baduy Dalam, yakni pakaian yang lengkap dengan ikat kepala yang seluruhnya berwarna putih.

Konon, warna putih itu melambangkan kesucian dan budaya yang tidak terpengaruh dari luar.

Sementara, ada jajaran JFT, Pelaksana dan PPNPN yang menggunakan Pakaian Adat Suku Baduy Luar, yakni pakaian hitam dan ikat kepala berwarna biru untuk laki-laki dan pakaian hitam dan kain bercorak biru untuk wanita.

Selamat Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ayo, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, dengan menanamkan rasa ikut memiliki dan cinta tanah air, sebarkanlah kasih kemana saja, kepada siapa saja dan kapan saja  agar kita dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. (Dayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *