banner
BantenBeritaDaerahPendidikan

Pemkot Cilegon Sediakan Beasiswa untuk 1900 Pelajar Sekolah Swasta

44
×

Pemkot Cilegon Sediakan Beasiswa untuk 1900 Pelajar Sekolah Swasta

Sebarkan artikel ini

Cilegon, TargetBerita.co.id,- Perhatian Pemerintah kota Cilegon di bidang pendidikan tidak hanya fokus pada sekolah Negeri. Akan tetapi, sekolah swasta pun mendapatkan perhatian serius, antara lain dengan menyediakan beasiswa untuk 1.900 pelajar.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, investasi Pemkot Cilegon di bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) tidak boleh setengah-setengah.

“Demi memenuhi unsur keadilan bagi semua baik yang sekolah negeri maupun swasta. Bila di sekolah negeri sudah digratiskan, maka di sekolah swasta pun harus ada kebijakan. Terutama buat yang kurang mampu,” kata Helldy, pada Jum’at (13/10/2023).

Helldy berharap tidak ada anak di Kota Cilegon yang tidak bisa sekolah hanya karena persoalan biaya. Hal itu karena baik di sekolah negeri maupun swasta, semua sudah disediakan fasilitasnya oleh pemerintah.

“Bagi kami, pendidikan itu suatu hal yang mendasar. Boleh saja orang tuanya miskin, tapi jangan sampai kemiskinan itu diwariskan ke anak-anaknya. Stop kemiskinan dan kebodohan dengan pendidikan. Dengan begitu, saya harap di masa depan akan lahir generasi-generasi emas di Kota Cilegon,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon, Heni Anita Susila, menjelaskan, pada tahun ini sudah tercatat ada 1.900-an siswa yang diajukan sebagai penerima beasiswa dari sekolah swasta.

“Kami sengaja alokasikan kurang lebih Rp2 miliar untuk beasiswa anak-anak miskin atau anak yatim yang bersekolah di sekolah swasta. Paling banyak SMP/MTs ada sekitar 1.400 siswa, sisanya sekitar 500 siswa dari SD atau Madrasah Ibtidaiyah,” jelasnya.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kata Heni, pihak sekolah swasta harus mengajukan hibah bansos melalui sistem atau aplikasi e-hibah.

“Pengajuan itu nanti kita verifikasi di Dindikbud, kalau sesuai kita berikan. Prosesnya dimulai dari setahun sebelumnya, jadi kalau mau dapat beasiswa tahun depan boleh diproses dari sekarang, yang penting dilampirkan SKTM (surat keterangan tidak mampu), dan juga yang bersangkutan terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” kata Heni.

Rencananya, tambah Heni, pada akhir Oktober atau paling lambat awal November 2023, akan ada penyerahan SK oleh Wali Kota Cilegon terhadap penerima beasiswa di sekolah swasta tersebut.

“Harapan kami tidak ada anak Cilegon yang putus sekolah karena begitu besar perhatian pemerintah daerah. Baik yang di negeri maupun swasta, baik yang di bawah koordinasi Dindikbud maupun Kemenag. Jadi kita bersama-sama karena ini anak-anak Cilegon, biar menjadi generasi penerus bangsa,” harapnya.

Dilansir dari Media harianexpose.com

(Rahmad Kosasih/Irwanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *