banner
BeritaDaerahTNI / POLRI

Polresta Magelang Resmikan Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” Untuk Tingkatkan Kemampuan Personel Polri

39
×

Polresta Magelang Resmikan Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” Untuk Tingkatkan Kemampuan Personel Polri

Sebarkan artikel ini

Magelang, TargetBerita.co.id,– Dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan personel, Polresta Magelang meresmikan Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” di belakang Kantor Polresta Magelang, pada Rabu (08/11/2023) pagi.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., diwakili Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto, dan Komandan Kodim 0705 Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H., M.Si. Hadir pula Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M., Danyonarmed 3/105 /Tarik/Naga Pakca Mayor Arm Winner Fradana Dieng, S.Sos., M.M.A.S. diwakili Pgs. Pasipers Yonarmed 3/NP Kapten Arm Suhendri, Danyonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem.

Tampak pula hadir Ketua Pengadilan Negeri Mungkid, Kajari Kabupaten Magelang, Ketua DPRD Kabupaten Magelang diwakili Suharno, M.M., Perwakilan Dirut Bank Bapas, Pimpinan Bank Jateng, Ketua Perbakin, Ketua PWI Magelang, Ketua PWOIN Magelang Raya. Perwakilan IARMI Shooting Club Magelang Raya, Kades Deyangan, Danki Brimob Polda Jateng, Pejabat Utama Polresta Magelang, para Kasat Polresta Magelang, para Kasi Polresta Magelang. Tidak ketinggalan para Kapolsek Jajaran Polresta Magelang, para Danramil Kodim 0705/Magelang, para perwira Polresta Magelang, dan seluruh personel dan ASN Polri Polresta Magelang.
Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., menjelaskan Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” dibangun di atas lahan seluas 40 x 25 meter persegi di kompleks Polresta Magelang, berlokasi di samping Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polresta Magelang.

“Proses pembangunan lapangan tembak ini memakan waktu 3 bulan. Nama Lapangan Tembak ‘Sanika Satyawada’ kami ambil dari nama Batalyon Akademi Kepolisian Angkatan 2000 sebagai penghormatan,” ujarnya.

Kapolresta Magelang berharap dengan adanya Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” yang megah dan sesuai standar ini dapat dimanfaatkan para personel Polresta Magelang khususnya.

“Sehingga dapat mendukung peningkatan kemampuan menembak para anggota Polri Polresta Magelang. Juga dapat digunakan sebagai latihan bagi para atlet menembak di Kabupaten Magelang,” ujar Kombes Pol Ruruh.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” Kompol Sri Hasta Birowowati, S.H., menjelaskan bahwa pembangunan dimulai dengan proses pembersihan dan pembenahan lokasi, dilanjutkan dengan pembangunan pagar dinding untuk menjaga keamanan.

“Setiap langkah dilakukan dengan cermat untuk memastikan lapangan tembak ini aman dan sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Dikatakan pembangunan lapangan ini dimulai pada 28 Juli 2023 sebagai inisiatif dari Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., yang merasa perlu adanya fasilitas pelatihan yang memadai bagi personel Polri Polresta Magelang. Sehingga dalam pembangunannya mengundang Tim Ahli untuk merancang sasaran tembak dengan target statis pada jarak 10 meter, 15 meter, dan 25 meter.

“Fasilitas ini dirancang untuk memastikan keamanan dan pengawasan yang ketat selama latihan. Intensifnya pelatihan bagi para instruktur dan pengguna lapangan tembak juga dilakukan guna menjamin keselamatan semua orang yang menggunakan fasilitas ini. Terkait hal itu, selama proses tersebut, Bapak Kapolresta Magelang selalu memantau perkembangan pembangunan untuk memastikan sesuai dengan harapan,” terangnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda Drs. Adi Waryanto menyampaikan apresiasi atas dibangunnya Lapangan Tembak “Sanika Satyawada” ini. Bupati berharap lapangan tembak yang diresmikan ini bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian menembak para personel Polri demi menjalankan peran fungsi untuk melindungi, mengayomi dan menjaga kondusivitas wilayah.

“Semoga Lapangan Tembak ‘Sanika Satyawada’ ini bisa untuk dipergunakan sebagai sarana latihan menembak bagi personel Polri maupun para atlet Perbakin Kabupaten Magelang,” harapnya.

Dengan dibangunnya Lapangan Tembak “Sanika Satyawada,” diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas dan latihan kepolisian. Pembangunan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme anggota kepolisian, khususnya di Polresta Magelang. (Fikri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *