banner
BeritaDaerah

Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Gunung Merbabu : Upaya Bersama Lindungi Alam

46
×

Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Gunung Merbabu : Upaya Bersama Lindungi Alam

Sebarkan artikel ini

Magelang, TargetBerita.co.id,– Sebuah upaya melindungi alam berupa Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan pemasangan banner peringatan dilakukan Polsek Sawangan dan beberapa pihak terkait. Kegiatan digelar di Bumi Perkemahan Sobleman dan Jalur Pendakian Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jumat (29/09/2023) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Sawangan Polresta Magelang Iptu Glenter Pitoyo beserta 10 personel, Danramil 12/Sawangan yang diwakili oleh Serma Antonius, Camat Sawangan yang diwakili oleh Staf Sunyoto. Hadir pula Suparmin Karesort Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) Wonolelo beserta 1 orang anggota, Kadus Sobleman Gunawan, dan Kadus Suwanting Sutopo, serta 9 orang relawan dari kedua dusun tersebut.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah, KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K.,S.H.,M.H., melalui Kapolsek Sawangan Iptu Glenter Pitoyo, S.H., M.H., memberikan penjelasan penting tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan telah menjadi masalah serius, terutama selama musim kemarau seperti yang terjadi di Gunung Sumbing, Merapi, Andong, dan Merbabu.

“Polsek Sawangan menjalankan kegiatan ini secara rutin setiap tahun sebagai langkah pencegahan terhadap kebakaran hutan yang bisa disebabkan oleh kesengajaan maupun kelalaian manusia,” jelasnya.

Polsek Sawangan juga mengajak kerjasama dengan seluruh instansi terkait dan masyarakat sekitar Gunung Merbabu untuk menjaga hutan dan lahan dengan baik.

“Selain itu, kami juga memberikan imbauan kepada para pendaki Gunung Merbabu agar patuh terhadap peraturan yang ada. Juga berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam gunung tersebut, dan turut serta mencegah terjadinya kebakaran,” tambah Iptu Glenter Pitoyo.

Karesort TNGM Wonolelo, Suparmin juga turut memberikan apresiasi atas upaya sosialisasi ini. Dikatakan, pihaknya pun telah memberikan imbauan secara rutin kepada relawan di tiap dusun kawasan TNGM. Serta mengapresiasi para relawan yang dengan tulus memberikan imbauan kepada pendaki dan warga sekitar.

Separmin menandaskan, para relawan penjaga hutan di setiap dusun wilayah TNGM memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan.

“Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam menjaga Gunung Merbabu agar terhindar dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Baik yang disengaja maupun kelalaian manusia,” ujarnya.

Suparmin berharap, upaya bersama ini dapat memelihara keindahan alam dan keberlanjutan Gunung Merbabu untuk generasi yang akan datang.

“Terimakasih kepada Polsek Sawangan dan seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam menjaga alam kita. Semoga alam kita tetap lestari dan terhindar dari bencana karhutla,” pungkasnya. (Fikri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *