banner
BeritaDaerah

Sukses Digelar West Java Festival 2023, Ridwan Kamil Apresiasi 1000 Relawan yang Terlibat

43
×

Sukses Digelar West Java Festival 2023, Ridwan Kamil Apresiasi 1000 Relawan yang Terlibat

Sebarkan artikel ini

Jawa Barat, TargetBerita.co.id,- Bergulirnya Acara West Java Festival (WJF) 2023 yang digelar 2-3 September lalu menciptakan momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Jawa Barat. Di balik kesuksesan acara ini, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kami, memberikan apresiasi kepada seluruh relawan yang telah terlibat.

“Saya Ridwan Kamil menghaturkan terima kasih untuk relawan West Java Festival 2023 yang jumlahnya lebih dari seribu, di bawah koordinasi Kang Ajun bekerja luar biasa menjaga acara”, ucapnya.

Ridwan Kamil juga mengungkapkan keberhasilan relawan dalam menjaga kebersihan pada saat sebelum dan setelah acara.

“Sebelumnya bersih dan setelahnya juga bersih, acaranya sukses luar biasa heboh, warga gembira, dan bahagia”, imbuhnya.

Tidak hanya pada WJF, ia Ia berharap keterlibatan para relawan ini juga ada dalam gerakan atau acara yang lain.

“Anda adalah anak-anak pemuda yang luar biasa. Sampai berjumpa lagi di lain kesempatan, tetap semangat. Kita dukung kebaikan-kebaikan untuk Indonesia yang lebih juara!” katanya.

Chief of West Java Festival Volunteers, Ir. H. Juwanda atau yang akrab disapa Kang Ajun, menjelaskan, tim relawan dibentuk berdasarkan permintaan panitia acara, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar.

“Peran relawan menjadi sangat penting dalam mengatasi keterbatasan sumber daya dalam mengatur besarnya acara dan banyaknya peserta yang hadir. Selain itu, ada urgensi sampah, kami tidak ingin membuat event yang memproduksi sampah yang tidak terpilih dan terolah, jadi sampah ini tidak ingin menjadi masalah”, ungkapnya.
Ia menjelaskan, peran relawan terbagi ke dalam empat divisi. Divisi Kebersihan bertugas menjaga kebersihan area acara, Divisi Mobilisasi Massa bertanggung jawab mengatur kerumunan untuk kelancaran acara, Divisi Logistik memastikan penyediaan kebutuhan seperti air minum dan makanan, dan Divisi Komunikasi dan Informasi bertanggung jawab atas kelancaran arus informasi.

Rekrutmen relawan, imbughnya, dilakukan melalui cara yang sederhana dengan diinformasikan melalui akun Instagram West Java Festival. Pendaftaran dibuka dalam tiga tahap, dengan total lebih dari sepuluh ribu orang mendaftar dalam waktu dua hingga tiga hari.

“Terlihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi meskipun waktu rekrutmen yang singkat. Dalam waktu yang terbatas, tim relawan yang terpilih terdiri dari seribu anggota berhasil terorganisir dengan baik dan mampu menjalankan tugas dengan lancar. Keberhasilan ini memberikan keyakinan bahwa semangat kolektif dapat mengatasi tantangan apa pun”, tuturnya.

Kang Ajun mengungkapkan, semangat kerja sama dan kepedulian yang ditunjukkan oleh para relawan diharapkan akan terus menginspirasi.

“Saya berharap generasi muda ini, yang memiliki semangat turun tangan seperti yang ditekankan oleh Kang Emil, akan terus melanjutkan aktivitas positif mereka. Semoga mereka terus bersatu, menjaga silaturahmi, dan meneruskan langkah untuk membangun gerakan-gerakan positif baru guna menyelesaikan berbagai tantangan di lingkungan sekitar”, ujarnya.

WJF 2023 yang telah digelar dua hari ini diisi oleh ragam acara mulai dari karnaval, bazaar, hingga konser dengan penampilan sejumlah penyanyi dan band ternama Tanah Air di Gedung Sate dan Stadion Siliwangi, Kota Bandung.
Diantaranya JKT48, Pas band, Gigi, The Changcuters, hingga Juicy Luicy tampil menyemarakkan momen pamitan Gubernur Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum kepada warga Jabar. Ada pula musisi Sunda legendaris Doel Sumbang yang berkolaborasi dengan Ega Robot Percussion. (Fikri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *