banner
BeritaDaerahEkonomi

Wujudkan Visi Misi “Presisi”, Bhabinkamtibmas Polresta Magelang Aktif Dampingi Desa Binaan

27
×

Wujudkan Visi Misi “Presisi”, Bhabinkamtibmas Polresta Magelang Aktif Dampingi Desa Binaan

Sebarkan artikel ini

Magelang, TargetBerita.co.id,– Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian yang berinteraksi langsung dengan masyarakat guna mewujudkan stabilitas kamtibmas yang aman dan kondusif. Sejalan dengan hal itu, Bhabinkamtibmas melaksanakan program pembinaan kepada warganya melalui berbagai kegiatan pengamanan sebagai upaya membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Seperti dicontohkan Bhabinkamtibmas Desa Tampir Kulon Kecamatan Candimulyo, dan Bhabinkamtibmas Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan. Kedua Bhayangkara Pembina Kamtibmas tersebut melaksanakan kegiatan Sambang dan Pengamanan di Desa Binaan masing-masing, Minggu (10/09/2023) pagi.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Mertoyudan AKP Winadi, S.H., menjelaskan bahwa kegiatan sambang dan pengamanan yang dilakukan oleh para petugas Bhabinkamtibmas dalam kegiatan masyarakat merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Melalui kehadiran Bhabinkamtibmas dalam setiap kegiatan masyarakat merupakan salah satu bentuk visi dan misi Bapak Kapolri yaitu Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan). Sehingga dengan kehadiran Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan warga dan dapat melakukan deteksi dini sebagai langkah antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah binaannya,” jelasnya.

Kegiatan Sambang dan Pengamanan seperti dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bondowoso Aipda Budi dan Aiptu Liza Muh Soim pada kegiatan lomba dan jalan sehat dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. Kegiatan yang berlangsung di lapangan Dusun Karangan, Desa Bondowoso, Kecamatan Mertoyudan ini melibatkan partisipasi warga dari 11 dusun yang termasuk dalam wilayah Desa Bondowoso.

Sementara di lokasi yang berbeda Bhabinkamtibmas Desa Tampir Kulon Kecamatan Candimulyo, Bripka Darwoto bersama dengan Babinsa Desa Tampir Kulon Serka Joko Waluyo melaksanakan kegiatan pengamanan Kirab Budaya dalam rangka Merti Dusun. Acara tahunan itu diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tampir Kulon bersama sekitar 1.000 peserta yang didominasi warga Desa Tampir Kulon.

“Dengan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan masyarakat, Bhabinkamtibmas dapat membangun kedekatan dengan warga binaannya. Sehingga mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk bersedia membantu tugas kepolisian dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman di lingkungan masyarakat,” ungkap Aipda Budi.

Sementara itu, Ketua LPP Desa Bondowoso, Hadiyatno, ketika dimintai keterangannya turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dengan lancar. Hal itu tentunya tak lepas dari dukungan Bhabinkamtibmas Desa Bondowoso melalui giat Sambang Warga dan Pengamanan.

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi Bhabinkamtibmas, yang telah mengawal kegiatan ini dengan aman dan lancar. Saya harap Bhabinkamtibmas dapat terus melanjutkan kontribusi baiknya dalam setiap kegiatan masyarakat Desa Bondowoso. Karena kehadirannya sangat berarti dalam menjaga kamtibmas di desa kami,” ucap Hadiyatno.

Terlaksananya kegiatan sambang dan pengamanan oleh para Bhabinkamtibmas dalam kegiatan di atas berjalan kondusif dan lancar diharapkan dapat memberikan pengertian bahwa Bhabinkamtibmas selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kamtibmas. Serta melakukan deteksi dini terhadap gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah desa binaannya, sehingga bisa tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Fikri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *