banner
BeritaBudayaDaerahKesehatanNews

Hidup bersih motto Komunitas Clean The City (CTC) Bandar Lampung, dengan membersihkan sampah bekas malam tahun baru 2024

159
×

Hidup bersih motto Komunitas Clean The City (CTC) Bandar Lampung, dengan membersihkan sampah bekas malam tahun baru 2024

Sebarkan artikel ini

Target Berita.co.id Bandar Lampung, Komunitas Clean The City (CTC) Lampung Rayakan Tahun Baru Dengan Bersih – Bersih Kota, Senin (1/1/2024).

Alhamdulillah Komunitas Cleam The City bisa bantu membersihkan sampah bekas kegiatan malam tahun baru 2024, biasanya jam segini belom selesai, ungkap seorang petugas kebersihan yang melaksanakan tugasnya membersihkan sampah di kota Bandar Lampung ini, sebagai ungkapan terima kasih kepada Komunitas CTC Lampung, Karena di hari biasa saja ia baru selesai bersih-bersih jam setengah sembilan, ungkapnya.
Tepat pada jam lima pagi, Tim CTC wilayah Lampung mulai bergerak membersihkan sampah sampah bekas acara malam tahun baru 2024, dan dimulai dari Masjid Minanurrahman yang terletak di Kupang Kota, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung menuju Tugu Adipura. Tepatnya di kawasan Lapangan Saburai, minggu (1/1/2024).

Dengan Tim yang berjumlah 94 orang itu baik orang dewasa, remaja hingga anak-anak, bergerak dari kawasan Kupang Kota menggunakan mobil pribadi, pick up, dan juga sepada motor, funa melaksanakan kegiatan bersih bersih di awal tahun 2024 ini.

Melihat sampah yang masih berserakan di pinggir jalan justru membuat setiap anggota tim semangat, para remaja dan anak-anak, dimana kebanyakan mereka masih asyik memeluk bantal gulingnya, justru dengan berbekal sapu, pengki dan sarung tangan, mereka tak ragu untuk menyapu, mengumpulkan, bahkan memunguti sampah-sampah tersebut.

Salah seorang penggerak Komunitas, Erik Ahmad Fatih dari Bakauheni, menyampaikan, “Kita dari komunitas CTC, setiap daerah ada Kabupaten, Kota ada. Yang lain sibuk buang sampah, kita prihatin dengan itu, awali tahun baru ini dengan kebersihan. Bersih hati (juga) bersih lingkungan.” tuturnya.

Komunitas CTC Lampung berasal dari berbagai Kabupaten di Provinsi Lampung. Mulai Lampung Selatan, Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran bahkan Tulang Bawang. Dua orang anggota Komunitas datang dari Kecamatan Rawapitu. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk hadir demi sebuah kegiatan mulia mengawali awal tahun 2024 dengan semangat kebersihan.

Dari data riset Kementerian Kesehatan diketahui hanya 20 persen dari total masyarakat Indonesia peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Ini berarti, dari 278 juta jiwa di Indonesia, hanya sekitar 55 juta orang yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan dampaknya terhadap kesehatan.

Fakta inilah yang mendorong Komunitas CTC untuk mengkampanyekan “Hidup Bersih” di setiap daerah, khususnya di awal Tahun Baru. Semata-mata untuk menyadarkan masyarakat bahwa sampah adalah musuh bersama. Bahwa setiap orang punya tanggung jawab atas sampah yang ia hasilkan.

Tepat jam tujuh pagi, sampah di kawasan Lapangan Saburai lenyap. Dua orang ibu-ibu petugas kebersihan, Leni dan Warkija, menyampaikan terima kasihnya karena telah membantu tugas mereka membersihkan sampah, tutur mereka berdua.

Rupanya, tak cuma petugas kebersihan yang bahagia melihat jalan-jalan protokol bersih dari sampah. Seluruh anggota komunitas CTC Lampung merasakan yang serupa.

(Ahmad Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *