banner
BeritaMetropolitanNasionalNewsPolitik

Presiden Joko Widodo menekankan netralitas KPU

32
×

Presiden Joko Widodo menekankan netralitas KPU

Sebarkan artikel ini

Target Berita.co.id Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersikap netral dan tidak memihak dalam Pemilu 2024.

“Bertindak sesuai aturan saja, KPU bisa dicurigai, iya kan? Apalagi kalau KPU mencoba untuk melenceng dari aturan. Ini yang harus kita jaga bersama-sama, jangan sampai terjadi. Bisa berbahaya bagi KPU dan legitimasi pemilu kita,” ujar Presiden saat memberi arahan dalam Rapat konsolnas Kesiapan Pemilu 2024 di Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Oleh karena itu, Jokowi lagi-lagi menekankan bahwa netralitas KPU harus dijaga, mantan wali kota Solo itu juga meminta KPU untuk menjaga sistem informasi dan data agar tak diretas, karena keandalan sistem informasi dan perangkat Pemilu harus berjalan dengan baik menjelang pesta demokrasi 2024. Sebab, keteledoran teknis bisa berimplikasi politik, hal ini dapat merembet ke mana-mana, yang akhirnta dapat mengganggu kondusifitas negara, juga mengganggu legitimasi Pemilu kita,” imbuh Jokowi.

Selain itu Presiden Jokowi juga menyinggung bahwa Pemilu 2024 sangat kompleks karena dilaksanakan secara serentak untuk memilih calon presiden, DPR, DPR, hingga DPRD, dirinya telah mencatat Pemilu 2024 akan melibatkan 204.807.222 pemilih yang tersebar di 38 provinsi, sehingga baik KPU pusat maupun daerah harus siap, jadi jalankan Pemilu jujur dan adil yang dipercaya oleh rakyat, mengingat Pemilu 2024 tinggal 45 hari. waktunya sudah sangat dekat, ujarnya.

Selanjutnya masih kata Jokowi, KPU juga harus memastikan setiap warga negara yang mempunyai hak pilih terlayani, masyarakat harus bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan secara langsung, bebas, rahasia, serta bebas diskriminasi.

Ia juga mengingatkan agar semua pihak bisa mengajak masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dengan tak percaya hoax. Apalagi, percaya pada informasi yang menyulut konflik dan perpecahan. “Saya yakin KPU bisa menjalankan tugas dengan baik. Pemerintah mendukung sepenuhnya agenda kerja KPU agar Pemilu berjalan jujur dan adil, Pemilu berjalan sukses dan lancar,” tutup Jokowi.

(Ricki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *