banner
BudayaDaerah

Soegiarto Hartono, penerus Maestro Kolintang Petrus Kaseke mendapat Apresiasi Pewarna Indonesia API 2023 Bidang Budaya

84
×

Soegiarto Hartono, penerus Maestro Kolintang Petrus Kaseke mendapat Apresiasi Pewarna Indonesia API 2023 Bidang Budaya

Sebarkan artikel ini

Magelang, Targetberita.co.id,- Musik Kolintang Yang berasal dari Sulawesi Utara,kini mendapat Perhatian Khusus dari Pesatuan Wartawan Nasrani Indonesia PEWARNA,salah satu perhatian khusus yang di berikan kepada Markus Soegiarto Hartono adalah dengan diberikan nya Anugerah Apresiasi Pewarna Indonesia API 2023.

Selain Soegiarto Hartono, ada 12 peserta lain nya, di antara nya dari Bidang penjaga keberagaman,kepala daerah pemangku Kebhinekaan,figur artis,figur hukum, dan figur Oikumene, Lembaga Pendidikan,figur politik.

Pembukaan acara di mulai dengan orasi kebangsaan tentang penting nya tetap menjaga keberagaman dan keutuhan NKRI, yang di sampaikan oleh senator dari Bali,Arya Wedakarna yang sekaligus anggota DPD RI.

Acara di gelar di Komplek DPR/MPR RI Gedung Nusantara 5 senin 31 Juli 2023,di hadiri Persatuan Gereja dan Lembaga Injil Indonesia ( PGLII) yang di ketuai oleh Pdt Ronny Mandang,Sekretaris I pengurus pusat Thony Ermando juga sekaligus yang menyerahkan Piagam dan Plakat API kepada Ir. Markus Soegiarto Hartono. “Saya mengucapkan terima kasih atas penganugrahan ini, semoga menambah spirit kedepannya dalam mengembangkan Musik Tradisional kolintang yang berasal Sulawesi Utara”,ujarnya.

Soegiarto Hartono bersama Petrus kaseke berhasil mengarang buku Maimo Kumolintang yang artinya ajakan ber tong ting tang,yang saat ini sudah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Mandarin, metode pengajaran musik nya sudah di sosialisasikan dan di seminarkan di tingkat Internasional. Sebagai musisi, Soegiarto Hartono juga merupakan team inti dari Indonesia National Orchestra (INO) di bawah pimpinan Franki Raden yang sering mengadakan pertunjukan musik sampai ke mancanegara.

Soegiarto Hartono juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia yang sudah memberikan apresiasi dengan penganugerahan API kepada. Ini merupakan suatu kehormatan untuk keluarga besar Maestro Kolintang Petrus Kaseke, yaitu hasil perjuangan beliau saat masih hidup, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *