banner
BeritaInternasional

Bakamla RI dan USCG: Kerja Sama Strategis di International Seapower Symposium 2023

53
×

Bakamla RI dan USCG: Kerja Sama Strategis di International Seapower Symposium 2023

Sebarkan artikel ini

Jakarta, TargetBerita.co.id,- Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI, Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D. M.Tr.(Han)., mewakili Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., menghadiri International Seapower Symposium (ISS) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Naval War College, Newport, Rhode Island, USA.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 19 – 22 September 2023 dan dihadiri lebih dari 100 negara. Para tamu undangan utama adalah para pimpinan Angkatan Laut dan Coast Guard dari berbagai negara di seluruh dunia. ISS telah menjadi acara tahunan selama 25 tahun dan mengusung tema “Security Through Partnership” yang dipimpin oleh Acting Chief of Naval Operation/CNO US Navy, Admiral L.M. Franchetti.

Selama acara tersebut, Deputi Jakstra Kabakamla RI juga menyempatkan untuk mengadakan Bilateral Meeting dengan Deputy Commander Pacific Area USCG, Vice Admiral Brendan C. McPherson, guna membahas kerja sama yang akan dilaksanakan antara Bakamla RI dan USCG.

International Seapower Symposium adalah sebuah forum rutin yang mengumpulkan para pemimpin dan senior Angkatan Laut dari seluruh dunia untuk membahas berbagai isu terkait keamanan, kerja sama, dan strategi maritim. Beberapa topik yang dibahas termasuk pencegahan pembajakan di laut, kontra-terorisme, penanganan bencana alam, bantuan kemanusiaan, pelaksanaan operasi koalisi militer, dan operasi penegakan hukum di laut terkait perdagangan senjata, narkoba, perdagangan manusia, perikanan, serta pelanggaran pencemaran laut.

Tujuan dari penyelenggaraan ISS adalah sebagai wadah internasional bagi para pemimpin Angkatan Laut di seluruh dunia untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan maritim yang ada, sekaligus mencari peluang untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan maritim melalui kerja sama dan kemitraan di bidang keamanan maritim. (Daniel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *